18.10.08

A N G K O T


Topik yang satu ini selalu menarik untuk dibahas.. ANGKOT..
Semua orang yang pernah naik angkot, apa lagi yang setiap hari naik angkot seperti saya pasti punya 1001 pandangan berbeda tentang transportasi yang satu ini..Ini versi saya..

Epistemologi ANGKOT:
ANGKOT berasal dari bahasa Indonesia yang terdari 2 kata dasar "Angkutan" dan "Kota" (padahal angkutan ini kenyataannya gak mengantar ke kota satu ke kota lainnya..melainkan dari daerah satu ke daerah lainnya..)Jika kedua kata tersebut digabungkan maka terbentuklah kata Angkot (harap maklum, orang Indonesia sangat gemar membuat singkatan untuk segala sesuatunya..dimulai dari nama Mall, sampai bahasa slang sehari2..untuk topik slang dan singkatan bisa dibahas dilain kesempatan..) Dan untuk sebutan angkutan ini pun berbeda2.. ada yang menyebut Angkot dengan sentuhan ke'bule-bule'an dengan sebutan "engkot" atau mereka hanya menyebutkan kode atau nomor Angkutan Kota yang satu ini.. 01, 02, 03, 46, dll tentunya nomor2 tersebut sesuai dengan jurusan masing2 Angkutan kota ini..

Fungsi ANGKOT:
Angkot ini sangatlah berguna dan membantu para penumpangnya. Angkot dapat mengantar penumpangnya ke jalan2 kecil yang tidak dilalui Bus Umum lain yang hanya beroperasi di jalan2 besar. Maka angkot dapat menjangkau jalan2 kecil kepelosok kota. (Untuk menjangkau jalan yang lebih sempit dan dalam biasanya dapat dijangkau dengan transportasi lain seperti Ojeg Motor, Ojek Sepeda, hingga Bajaj dan becak..)

Exterior ANGKOT:
Pada hakekatnya kendaraan ini jika dilihat dari bentuknya merupakan mini bus atau orang Indonesia biasanya menyebut kendaraan ini sejenis "Kijang" dari salah satu brand mobil di Indonesia..Mereka menggunakan jenis transportasi mini bus agar dapat menampung penumpang yang jumlahnya banyak. Pada segi design atau exterior, transportasi ini dicat sesuai warna jurusan seperti hijau, hijau merah, hijau putih, biru, biru kuning, merah, dll. Selain cat angkutan yang satu ini juga dihias dengan berbagai sticker yang "menarik" untuk dibaca maupun dilihat..Ukurannya pun ada yg kecil hingga ukuran besar yang menutupi seluruh jendela belakang.. diantaranya adalah pesan2 pendek yang jika kita pembacanya terkadang akan berpikir mengenai pesan singkat tersebut dan menyebabkan timbulnya imajinasi, fantasi hingga rasa geli. kira2 beberapa pesan singkat yang tertera di sticker seperti angkutan ini adalah SENSASI SEMALAM..JANDA PERAWAN..DOA IBU..TUNGGU ABANG MALAM INI..HATI-HATI SAYA SERING BERHENTI MENDADAK..GADIS MALAM..dll.. pesan singkat dalam bentuk tulisan tersebut dapat menjadi ciri khas pada masing2 mobil angkutan..masih ada lagi sticker yang berbentuk tokoh yang dianggap berpengaruh.. seperti sticker siluet bang Iwan Fals hingga Rhoma Irama..

Interior ANGKOT:
Kalau berbicara mengenai interior ANGKOT, masing2 penumpang pasti mempunyai pengalaman yang menarik. Contohnya saya yang kemarin menumpang pada ANGKOT 03 jurusan Serpong - Cikokol berwarna biru muda. Saat masuk ke dalam Angkot, sudah ada beberapa penumpang lain didalamnya. Sekilas ada yang menarik perhatian saya didalam angkot pagi itu. Ada seperangkat sound system lengkap dengan 2 speaker besar dan subwoofer sisi belakang Angkot dibawah jendela belakang. Sound system ini dapat mengeluarkan lampu2 kecil warna warni seperti biru, merah dan hijau. sekilas saya melihat dan berpikir sound system set ini sangat lah tidak cocok diletakkan di dalam Angkot, karena jika saya berpikir efek dari suara yang dihasilkan dalam angkot kecil ini dengan sound system sebesar itu (imajinasi saya terbang ke film2 komedi Hollywood yang menampilkan sound system besar yang saat dimainkan mengakibatkan pakaian orang2 yang berada disekitar sound system itu copot semua..) sudah pasti akibatnya seperti itu pikir saya..dalam hati saya berpikir "jangan sampai si supir nyetel lagu.." setelah itu saya melayangkan padangan saya ke interior depan bagian supir. pemandangan didepan beda lagi..Gantungan2 yang bermaksud sebagai hiasan memenuhi sebagian besar kaca depan mobil. gantungan hiasan itu adalah boneka2 kecil yang warna awalnya pasti putih atau warna warni, tapi sekarang yang terlihat adalah mereka semua itu 1 warna, warna abu2 kecoklatan karena mandi debu dan asap kotor kendaraan. Jendela depan itu masih ditutupi Gorden yang seperti tirai berfungsi sebagai penangkal panas di siang hari. Pada bagian interior jg ada CD Player (bukan cassette player) kemudian pada bagian speedometter dijadikan tempat menaruh uang hasil jerih payah "narik" seharian.. Pada design interior dalam Angkot itu sendiri tak kalah dengan design exterior'nya.. pada tempat duduk penumpang digunakan sejenis kulit yang sudah pasti amatasi sehingga membentuk hiasan2 tersendiri seperti retak, sampai sobek parah hingga jok dalam mencuat keluar..Selain itu sticker2 yang terdapat di dalam angkot juga tak kalah menarik seperti yang di luar angkot..Sticker kampanye legislatif banyak tertempel di jendela2 angkot, namun saya tertarik dengan sticker yang tertempel di kaca kecil di pintu Angkot. seperti ini bunyi iklan kecil itu..

PENGOBATAN ALTERNATIF HAJI ADAM. TANPA SUNTIK, TANPA OPERASI, TANPA EFEK SAMPING. DAPAT MENYEMBUHKAN LEBIH DARI 50 MACAM PENYAKIT. INSYA ALLAH SEMUA PASIEN YANG DATANG PASTI SEMBUH.. ALAMAT: _____________ NO. TLP: _____________ CARA SAMPAI TUJUAN: NAIK ANGKOT JURUSAN CILEDUK DENGAN NOMOR__, __, KEMUDIAN MINTA SUPIR TURUN DI PASAR, DAN ADA GANG SEBELAH KANAN CARI PLANG DENGAN TULISAN "PENGOBATAN HAJI ADAM" KEMUDIAN NAIK OJEK UNTUK MASUK. (berikut ini beberapa daftar penyakitnya..)
1. TBC 2. BATUK2 3. INGIN GEMUK/KURUS 4. JERAWATAN 5. LEMAH SYAHWAT 6. MANDUL 7. BISUL / NANAH 8. TUMOR 9. KANKER 10. SUSAH BUANG AIR BESAR 11. KENCING BATU 12. GAGAL GINJAL 13. FLEK HITAM 14. RAMBUT RONTOK 15. MEMPERBESAR PAYUDARA 16. FLU / PILEK BERKEPANJANGAN (dan daftar tersebut berlanjut sampai nomor 50). Kemudian pada paling bawah sticker ini terdapat tulisan: CATATLAH ALAMAT DAN NOMOR TELEPON INI, SEWAKTU-WAKTU ANDA BUTUH !!! WASALAM...

Ambience ANGKOT:
Untuk yang satu ini saya kurang tertarik. Membayangkannya saja malas.. Panas, pengap, bau (berbagai macam bau. Bau dari penumpang yang habis dari pasar, bau makanan yang dibuang sembarangan di lantai angkot, bau dari kulit kursi, bau debu, bau asap kendaraan, dll), suara lagu dari sound system set yang bass'nya terlalu besar hingga menimbulkan detak jantung seakan dipaksa berdetak sesuai bass lagu tersebut, belum lagi selera musik si supir yang terlalu "tinggi" sehingga tar tergapai pilihan2 lagunya oleh saya (seperti lagu peterpan versi house music, rock dut a.k.a Rock Dangdut, Dangdut house music..sampai ke music keroncong yang dimainkan dengan volume besar). Maka dapat dibayangkan wajah-wajah para penumpang angkot tersebut..pada pagi hari wajah-wajah para penumpang tidak lagi segar dan semangat ke kantor maupun ke sekolah..saat sore hari para penumpang sudah menebarkan aura negatif karena tekanan pekerjaan ditambah angkutan transportasi yang mengenaskan keadaannya.. hal ini membawa kita ke pembahasan terakhir..yaitu,

Pengemudi Maut ANGKOT:
Sudah menjadi bahan pembicaraan sendiri kalau berbicara mengenai supir Angkot. Mereka para supir yang dicaci maki, di sumpah oleh mobil2 dari pagi hari hingga malam hari.. Hal ini membuat mereka "terpaksa terbiasa" dengan keadaan ini. jika ada yang meneriaki, mencaci maki, marah atau menyumpahi mereka, biasanya para supir bereaksi pura2 ga denger dan pasang muka rata tanpa ekspresi..

Well, what can i say...seburuk2nya ANGKOT, banyak yang butuh dy, termasuk saya dan buat saya fenomena transportasi ANGKOT ini udah bagian dari budaya keseharian masyarakat di Jakarta..
HIDUP ANGKOT !!!

xoxo,
bR

No comments: